Selasa, 22 September 2009

Rematik dan Gaya Hidup

Dear Piogama,

Perkenalkan nama saya Adi . Saya seorang pegawai perusahaan swasta yang sering pulang dan mandi pada malam hari. Sudah selama setahun ini saya mengalami rasa sakitdipersendian kaki dan tangan saya. Setelah berobat ke dokter, saya didiagnosa mengidap rematik. Yang ingin saya tanyakan, apakah rematik yang saya derita ini akibat kebiasaan saya mandi malam? Dan oleh dokter, saya dipantang untuk makan berlemak seperti jeroan, melinjo dsb apakah memang ada hubungan antara rematik dengan makanan-makanan tersebut?

Terima kasih atas pertanyaannya,

Bapak Adi yang terhormat, rematik sebenarnya terdiridari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, hingga karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Sebenarnya kebiasaan mandi malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Mandi malam akan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri sendi jika memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut berkaitan dengan menyempitnya pembuluh darah akibat hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri.

Dari apa yang telah disampaikan oleh dokter, kami menduga Bapak mengalami rematik yang disebabkan oleh tingginya asam urat. Jeroan, melinjo dan makanan berlemak lainnya banyak mengandung purin, yaitu zat yang dibutuhkan untuk membentuk asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat memacu kristalisasi asam urat dalam sendi. Akibatnya timbullah nyeri di persendian. Biasanya oleh dokter, selain dipantang untuk memakan makanan-makanan tersebut, juga disertakan obat untuk menghambat terjadinya asam urat, salah satunya adalah allopurinol. Dengan dihambatnya pembentukan asam urat maka proses kristalisasi asam urat di persendian pun berkurang sehingga nyeri yang timbul akan berkurang. Disamping jenis makanan berlemak di atas, konsumsi alkohol ternyata juga memiliki kecenderungan meningkatkan kadar asam urat yang tinggi. (Roes)

- 9 Februari 2009

Sumber :

http://piogama.ugm.ac.id/index.php/2009/02/rematik-dan-gaya-hidup/

23 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar